Minggu, 16 September 2012


Tundukkan Getafe, Barcelona Kembali Pimpin Klasemen

Tampil sebagai pemain pengganti, Lionel Messi mencetak dua gol kala Barcelona membungkam tuan rumah Getafe 4-1, Minggu (16/9) dinihari WIB

FC Barcelona celebrates

Barcelona kembali ke puncak klasemen sementara La Liga Spanyol berkat kemenangan 4-1 atas Getafe di jornada 4. Sebelumnya, posisi puncak sempat dikuasai oleh Malaga yang menaklukkan tamunya Levante 3-1.
Kejutan terjadi ketika nama Lionel Messi tidak tercantum dalam starting XI Azulgrana. Sebaliknya, Cesc Fabregas, yang sempat mengeluhkan minimnya kesempatan tampil sebagai starter, berhasil mewujudkan keinginannya tampil sejak babak pertama.
Barcelona segera menggebrak di awal laga melalui tusukan Cristian Tello. Namun, peluang awal itu gagal diselesaikan dengan baik karena Tello terperangkap offside.
Runner-up La Liga menguasai jalannya pertandingan di babak pertama, namun tampak kesulitan membongkar pertahanan Getafe yang cukup ketat.
Thiago Alcantara sempat membuka peluang bagi Azulgrana melalui tendangan terukurnya di menit 25. Namun, tendang Thiago hanya membentur mistar gawang, sehingga skor kacamata belum juga berubah.
Di menit 29, giliran Xavi Hernandez yang menebar ancaman ke depan gawang Miguel Moya. Akan tetapi, tembakan gelandang senior Spanyol masih mampu dipatahkan Moya, yang menangkap bola dalam pelukannya.
Getafe sendiri tidak hanya pasrah menerima serangan raksasa Catalan. Pedro Leon sempat membuka peluang di menit 31 lewat tendangan first time. Sayang, tendangannya masih mampu diantisipasi Victor Valdes.
Satu menit berselang, Adriano membawa Barcelona unggul setelah meneruskan peluang Fabregas di depan gawang. Berawal dari penetrasi Fabregas, mantan kapten Arsenal terlihat kesulitan melewati kawalan ketat para punggawa Azulones. Namun, Adriano berhasil menyambut bola liar dan melepaskan tendangan ke dalam gawang Moya.
Pedro Leon kembali mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan bagi tuan rumah. Sayang, meskipun eksekusi tendangan bebasnya mengarah lurus ke gawang Valdes, kiper berkepala plontos itu masih mampu melakukan tugasnya dengan baik sehingga babak pertama berakhir dengan keunggulan Barca 1-0.
Barca terus melakukan tekanan di babak kedua. Tello berpeluang membawa Blaugrana unggul dua gol ketika menyambut sepak pojok Xavi di menit 55. Namun, tendangannya belum berhasil menemui sasaran.
Raksasa Catalan harus kehilangan kapten Carles Puyol yang tampak mengerang kesakitan kala berbenturan dengan Abdel Barrada. Javier Mascherano pun masuk menggantikan Puyol. Sementara, Lionel Messi juga diturunkan untuk menggantikan Thiago.
Hanya beberapa saat setelah diturunkan, Messi terlihat dijatuhkan di kotak penalti oleh Miguel Torres. Namun, wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran dan memutuskan meneruskan pertandingan.
Kendati demikian, Barca toh mendapatkan penalti di menit 73 ketika Pedro Rodriguez dijatuhkan di kotak terlarang. Messi yang ditunjuk sebagai algojo melakukan tugasnya dengan sempurna untuk membawa Barca unggul 2-0.
Empat menit kemudian, Messi menggandakan torehan golnya, kali ini melalui open play. Berawal dari umpan Martin Montoya dari sisi kanan, penyerang Argentina tanpa kesulitan menyambut bola dengan sentuhan ringan tepat di depan gawang.
Getafe mendapatkan gol hiburan di menit 80 ketika Mascherano melakukan blunder fatal. Bek Argentina salah mengantisipasi sepakan Pablo Sarabia dan justru membelokkannya ke gawang Valdes.
Namun, Barca toh sukses mengemas kemenangan telak ketika David Villa, yang masuk menggantikan Tello di menit 75, mencetak gol pamungkas di masa injury time. Berawal dari umpan lambung Xavi, Villa yang lolos dari jebakan offside membawa Azulgrana unggul 4-1 sekaligus kembali menguasai puncak klasemen La Liga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar