Kamis, 25 Oktober 2012

Review: Madrid Kembali Kena Kutukan Tanah Jerman


Review: Madrid Kembali Kena Kutukan Tanah Jerman

Review: Madrid Kembali Kena Kutukan Tanah Jerman

Bola.net - Real Madrid belum bisa mematahkan rekor buruk setiap kali bertandang ke Jerman. Melawan tuan rumah Borussia Dortmund dimatchday 3 Liga Champions 2012/13, Madrid kalah 1-2. Dengan hasil ini, berarti dalam 24 kunjungan terakhirnya ke tanah Jerman, Madrid sudah kalah 17 kali, imbang 6 kali dan menang hanya sekali.

Robert Lewandowski membuka keunggulan Dortmund di Signal-Iduna Park, Kamis (25/10), pada menit 36. Cristiano Ronaldo lalu menyamakan kedudukan untuk Madrid pada menit 38. Gol Marcel Schmelzer pada menit 64 memastikan tuan rumah mengemas poin maksimal dan memaksa Madrid pulang dengan tangan hampa.

Hasil ini membuat Dortmund naik ke puncak klasemen sementara Grup D dengan poin 7, sedangkan Madrid, yang rekor sempurnanya di Liga Champions musim ini akhirnya terhenti, turun ke peringkat dua dengan poin 6.

Bukan laga yang mudah bagi Madrid, apalagi dengan krisis cedera di skuad mereka. Jose Mourinho sampai menempatkan Michael Essien di pos bek kiri guna mengatasi absennya Marcelo dan Fabio Coentrao.

Daftar pemain cedera Madrid bahkan bertambah panjang ketika Sami Khedira harus ditarik keluar dan digantikan oleh Luka Modric pada menit 20.

Penguasaan bola di babak pertama dimenangi oleh Madrid (55% - 45%), tapi pasukan Jurgen Klopp unggul shot on goal 7 berbanding 2, dan skor imbang 1-1 hingga jeda pun terbilang sebagai hasil yang wajar.

Gol Dortmund tercipta pada menit 36 ketika Lewandowski sukses menuntaskan operan terobosan Sebastian Kehl dengan tenang. Namun keunggulan itu hanya bertahan dua menit. Menerima long pass Mesut Ozil, Ronaldo melambungkan bola melewati terjangan kiper Weidenfeller  dan membuat kedudukan kembali sama kuat.

Itu adalah gol ke-5 Ronaldo di Liga Champions 2012/13 dan golnya yang ke-28 untuk Madrid di kompetisi ini.

Babak kedua, lini belakang Madrid lebih keteteran, bahkan gawang Casillas kebobolan untuk kedua kalinya pada menit 64 lewat tendangan Schmelzer.

Kemenangan ini sepertinya bakal membuat kubu Dortmund tidak terlalu mempermasalahkan dua klaim penalti mereka yang tidak dikabulkan oleh wasit di sepuluh menit terakhir jelang bubaran.

Terlepas dari hasil negatif ini, pujian layak diberikan kepada kiper dan kapten Madrid, Iker Casillas. Melakoni penampilannya yang ke-125 di kompetisi UEFA, kini sejajar dengan eks pemain Madrid, Ajax dan AC Milan Clarence Seedorf, dia tampil hebat serta mementahkan setidaknya tiga peluang emas kubu tuan rumah.

Pada matchday berikutnya, 6 Nopember, giliran Dortmund yang bertandang ke Santiago Bernabeu, markas Madrid.

Susunan pemain Dortmund: Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Kehl, Bender (Gundogan 67' - kuning 90+3'); Gotze (Schieber 87'), Reus (Perisic 90+1'), Grosskreutz; Lewandowski.

Susunan pemain Madrid: Casillas; Ramos (kuning 47'), Varane, Pepe, Essien; Khedira (Modric 20'), Xabi Alonso (kuning 62'); Di Maria, Ozil, Ronaldo; Benzema (Higuain 73').

Statistik Dortmund - Madrid
Ball possession: 44% - 56%
Shots: 15 - 14
Shots on target: 10 - 5
Shots off target: 5 - 9
Corners: 8 - 4
Kartu kuning: 1- 2
Kartu merah: 0 - 0. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar