Selasa, 11 September 2012


FOKUS: Bila Hengkang, Ke Mana Cristiano Ronaldo Berlabuh?

Spekulasi Cristiano Ronaldo terus berkembang, bila bintang Portugal tersebut benar-benar hijrah dari Santiago Bernabeu, maka inilah klub-klub yang berpotensi mendapatkan jasanya.



Cristiano Ronaldo no festeja





OLEH

TEGAR PARAMARTHA

Beberapa hari silam bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, secara mengejutkan mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya merasa tidak bahagia di Santiago Bernabeu, dan memberi isyarat bahwa hal tersebut berkaitan dengan manajemen tim.

"Saya tidak merayakan gol saat merasa sedih, ini yang terjadi hari ini. Orang-orang yang bekerja di klub tahu mengakap dan saya enggan berbicara lebih jauh," ujar Ronaldo usai pertandingan menghadapi Granada yang dimenangkan Madrid dengan skor 3-0.

Pernyataan Ronaldo tersebut tentu saja menimbulkan banyak spekulasi. Salah satunya, sikap Ronaldo itu disebut sebagai sebagai langkah awal dari strategi untuk dapat keluar dari Madrid.

Pemain asal Portugal tersebut tampaknya kurang senang dengan kegagalannya meraih Ballon d'Or meski telah mengantarkan timnya meraih gelar juara Primera Liga Spanyol dan mencapai semi-final Liga Champions di musim lalu.

Situasi tersebut membuat klub-klub raksasa bersiaga, tetapi dapat dikatakan bahwa hanya ada sedikit yang mampu menggaet Ronaldo. Yaitu, klub yang memiliki dana melimpah atau hampir tidak terbatas.

Seperti yang diketahui, bila ingin membebaskan Ronaldo dari kontrak tiga tahun di Madrid, maka ia harus membayar klausul sebesar £100 juta, belum ditambah dengan gaji Ronaldo yang mencapai £1 juta per bulannya.

Lalu, klub mana saja yang memiliki potensi untuk mendatangkan Ronaldo?

Paris Saint-Germain


                                                      Ronaldo Menyusul Ibra ke Paris?
Siapa yang meragukan kekuatan finansial klub raksasa Ligue 1 Prancis ini? Dengan sokongan dari pemilik baru, Nasser Al-Khelaifi, kekuatan dana PSG dapat terlihat di musim panas ini. 

Seperti yang diketahui, di bursa transfer, PSG mendatangkan bintang-bintang sepakbola dengan harga yang sangat mahal. Total, mereka mengeluarkan dana transfer lebih dari £100 juta di bursa transfer musim panas ini. 

Mereka merekrut Ezequiell Lavezzi dari Napoli, Thiago Silva dan Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan, dan juga Lucas Moura dari Sao Paulo yang baru bergabung pada Januari 2013 mendatang.

Dengan kekuatan finansial tersebut, PSG memiliki peluang untuk mendapatkan jasa Ronaldo, tentu saja dengan menebusnya dengan banderol selangit dan gaji yang melambung. 

Sanggupkah?


Manchester United


                                             Ronaldo reuni dengan Ferguson...dan Nike?

Sir Alex Ferguson dikabarkan langsung memberi respon positif ketika mengetahui mantan anak asuhnya, Ronaldo, merasa tidak bahagia di Santiago Bernabeu. 

Kehadiran salah satu pemain terbaik di dunia tersebut diyakini akan menjadi solusi terbaik untuk bersaing di Liga Primer Inggris yang semakin kompetitif. Terlebih lagi, rival sekota mereka, Manchester City, sudah mulai menunjukkan taringnya dengan menjadi juara musim lalu.

Namun, kendala yang akan dihadapi United tentu saja banderol dan gaji Ronaldo yang selangit. Tetapi, Red Devils dikabarkan akan dibantu oleh Nike terkait dengan nilai transfer Ronaldo. Perusahaan apparel Amerika Serikat tersebut yakin kedatangan CR7 ke Old Trafford akan membantu mendongkrak penjualan produk mereka.


Manchester City


                                        Ronaldo, jadi sumber kebahagiaan Mancini?

Tidak seperti musim-musim sebelumnya, Manchester City tidak terlalu habis-habisan di bursa transfer musim panas ini.

Mereka hanya mendatangkan beberapa nama seperti Jack Rodwell, Matija Nastasic, Javi Garcia, Scott Sinclair dan Maicon. Praktis, tidak ada transaksi yang membuat City merogoh kocek dalam-dalam seperti saat mereka mendatangkan Sergio Aguero atau Samir Nasri, setidaknya sampai saat ini.

Pernyataan yang dikeluarkan Ronaldo mungkin akan mengubah sikap 'hemat' City di bursa transfer musim dingin nanti. City diyakini siap mengeluarkan dana fantastis untuk dapat mendaratkan bintang asal Portugal tersebut ke Etihad Stadium. Dengan demikian, Mancini akan kembali tersenyum lebar, setelah sebelumnya mengeluh karena 'sedikitnya' pemain baru yang berhasil digaet.

Selain kualitas yang sangat luar biasa, status Ronaldo sebagai mantan bintang Old Trafford tentu akan semakin menambah motivasi City untuk merekrutnya.


Chelsea


                                                    Abramovich siapkan dana fantastis?

Kegagalan Chelsea mempertahankan Didier Drogba membuat mereka berburu striker pada musim panas ini. Tetapi, The Blues dipaksa gigit jari ketika melihat buruan mereka terlepas satu per satu.

Seperti yang diketahui, di awal bursa transfer musim panas, Chelsea mengincar duo striker andalan Napoli, yaitu Edinson Cavani dan Ezequiell Lavezzi. Namun, nama terakhir akhirnya memilih berlabuh ke PSG, sementara Cavani tetap bertahan di San Paolo.

Chelsea akhirnya beralih membidik Hulk dan sempat dikaitkan dengan striker Atletico Madrid, Radamel Falcao. Di mana Chelsea akhirnya kembali tidak menemui keberuntungan dalam perburuan mereka.

Kali ini, kesempatan untuk mendapatkan striker papan atas kembali terbuka. Dan tidak tanggung-tanggung, pemain tersebut adalah Ronaldo. Pemilik Chelsea Roman Abramovich diyakini akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan jasa pemain asal Portugal tersebut bila mendapatkan kesempatan.


Anzhi Makhachkala


                                                   Roberto Carlos bujuk Ronaldo?


Klub Rusia, Anzhi Makhachkala, juga turut menjadi salah satu klub yang dikaitkan dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Anzhi pantas untuk merasa tertarik dengan sosok Ronaldo, karena rival mereka, Zenit St Petersburg, baru saja mengeluarkan dana fantastis lebih dari £80 juta untuk mendatangkan Hulk dari Porto dan Axel Witsel dari Benfica.

Maka bagi Anzhi, mengapa tidak mengeluarkan £20 juta lebih banyak (£100 juta) untuk mendatangkan Ronaldo?

Saat ini, direktur teknik Anzhi Roberto Carlos telah berada di Madrid. Spekulasi terkait Ronaldo semakin santer dengan kedatangan mantan pemain El Real tersebut. Namun, meski demikian Carlos telah membantah bahwa dirinya ke Madrid untuk mencoba merekrut Ronaldo. Tetapi, siapa yang tahu ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar